Selamat Datang di blog mas Teddy .... sebagian artikel di blog ini juga terdapat di
kompasiana.

Sabtu, 12 Mei 2012

Internet Indonesia Ada Di Urutan Ke ...


Ini bukan berita baru. Peningkatan jumlah pengguna internet di Indonesia cukup menggembirakan. Bahkan bisa dibilang cukup “mencengangkan”. Dalam sebelas tahun jumlah pengguna internet di Indonesia meningkat 27 kali lipat. Pada tahun 2000 jumlah pengguna internet di Indonesia baru sebanyak 2.000.000 (dua juta). Pada akhir tahun 2011 melonjak menjadi 55.000.000 (lima puluhlima juta). Dengan jumlah pengguna sebanyak itu, Indonesia berada di urutan ke 4 di Asia dan urutan ke 8 di dunia. Membanggakan ? Tunggu dulu !
 
Untuk masalah download posisi internet di Indonesia justru memprihatinkan. Coba Anda perhatikan tabel di bawah ini.
 
Tabel dari situs netindex ini memperlihatkan internet Indonesia (untuk urusan download) berada di posisi 141 dari 177 negara. Untuk kawasan ASEAN saja posisi Indonesia hanya lebih baik dari Philipina dan Myanmar serta Timor Leste yang tidak terdata. Tabel tersebut saya potong sekedar untuk menampilkan negara posisi pertama, negara di benua Asia dan negara-negara ASEAN. Untuk pembaca yang terbiasa dengan bandwith 1 Mbps atau kurang, silakan berandai-andai jika menggunakan internet yang kecepatan download-nya saja bisa mencapai 36.44 Mbps, seperti di Hong Kong. Tabel selengkapnya dapat Anda klik di sini.
Hasil yang ditampilkan di situs netindex ini merupakan hasil dari test ping, download speed dan upload speed yang dilakukan oleh pengguna internet di seluruh dunia (berdasarkan IP address) melalui situs speedtest.net. Hasil yang ditampilkan berasal dari hasil test dalam 30 hari terakhir dan dengan ketentuan jarak pengguna dengan server maksimal 300 mil.
 
Silakan simpulkan sendiri data-data tersebut di atas.

0 komentar:

Posting Komentar

Featured Posts Coolbthemes