Selamat Datang di blog mas Teddy .... sebagian artikel di blog ini juga terdapat di
kompasiana.

Rabu, 11 Januari 2012

Serunya (Pe)Nonton Sinetron Full Musik

Jangan bayangkan atau samakan sinetron full musik dengan sinetron/drama musikal. Sangat jauh berbeda. Kalau drama musikal komponen musik, lagu dan syairnya merupakan satu kesatuan dan merupakan bagian yang tak terpisahkan dari tema atau isi cerita secara keseluruhan. Sedangkan sinetron full musik adalah sinetron yang dari awal penayangan (opening title) sampai akhir penayangan (end title) selalu dihiasi dengan ilustrasi musik. Apapun adegannya selalu disertai ilustrasi musik. Gak peduli apapun adegannya, adegan marah, terkejut, sedih, sakit, jengkel maupun percakapan biasa, semuanya selalu full musik.
 
Dalam sinetron full musik, semua adegan seolah menjadi sangat penting sehingga perlu penekanan dengan ilustrasi musik. Jika semua adegan diberi iliustrasi mungkin Anda berpikir betapa capeknya yang membuat ilustrasi musik. Anda salah besar. Yang terjadi adalah sebaliknya. Jika Anda simak, ilustrasi musik sinetron full musik justru sangat sedikit, karena selalu diulang-ulang. Ilustrator musik membuat musik hanya untuk 2 golongan adegan : 
  1. Adegan percakapan biasa, bicara dalam hati, sedih, melamun, sakit dan lain sebagainya yang dibuat dalam tempo andante (pelan) atau moderato (sedang)
  2. Adegan marah, teriak, terkejut, takut, cemas, kecelakaan, mengintip/menguntit, mengancam, berkelahi dan lain sebagainya yang dibuat dalam tempo allegro (cepat) atau presto (sangat cepat)
Dengan semikian sang ilustrator musik tinggal play back saja musik yang telah dibuatnya. Tinggal menyesuaikan dengan adegannya. Lantas untuk adegan gembira, senang atau tertawa pakai musik yang mana? Untuk adegan gembira dan sejenisnya pakai ilustrasi musik yang kedua, yang tempo cepat. Aneh atau lucu? Ya begitulah adanya. Kalau saya bukan merasa aneh atau lucu, tapi capek dengarnya.
 
Anehnya, para penonton (terutama para ibu dan remaja putri) sangat menikmati adegan per adegan. Mereka gak peduli soal ilustrasi musik ini, yang penting ceritanya heboh (meskipun gak masuk akal dan mudah ditebak).
 
Penasaran sinetron apa saja yang full musik? Hampir semua sinetron yang ditayangkan di RCTI dan DCTV adalah sinetron full musik. Bahkan sinetron dengan judul yang sangat religius dan puitis ternyata sinteron full musik juga. Gak percaya? Silakan buktikan sendiri dan tabahkan telinga Anda.

0 komentar:

Posting Komentar

Featured Posts Coolbthemes